Custom Search

Rabu, Oktober 21, 2009

2.5 Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Hipertensi

2.5 Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Hipertensi
a. Faktor Keturunan atau Genetik
Faktor keturunan atau genetik ini kebanyakan menjadi faktor pertama dalam penyebab suatu penyakit, karena itu latar belakang keluarga yang mempunyai riwayat penyakit tertentu termasuk hipertensi ini maka harus berhati-hati dengan kata lain kita harus berusaha agar jangan sampai kita mengalami penyakit serupa. Pencegahan adalah hal utama yang harus kita lakukan sebelum kita benar-benar mengalaminya.
b. Faktor Mengonsumsi Lemak Tinggi, Kolesterol dan Garam yang Berlebihan
Mengkonsumsi makanan yang mengandung daging-dagingan dan ikan-ikanan serta garam yang berlebihan banyak disukai sebagian orang karena rasanya yang enak dan gurih, tapi dibalik kenikmatan itu terdapat kandungan lemah yang tinggi dan kolesterol yang cukup berbahaya untuk tubuh kita. Mengonsumsi makan-makanan yang mengandung lemah tinggi dan kolesterol serta garam yang berlebih secara kontinyu akan mengakibatkan banyak sekali penyakit yang menyerang tubuh termasuk hipertensi.
c. Faktor Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Bahan Pengawet
Dalam kehidupan modern ini sebagian besar orang akan memilih hal-hal yang praktis saja termasuk dalam memasak makanan. Mereka tidak mau repot dengan belanja makanan segar mereka lebih cenderung memilih makanan dalam kemasan yang praktis yang siap dimasak kapan saja malahan sekarang banyak makanan siap saji dalam kemasan. Sifat pengawet dalam makanan itu sangat berbahaya yang apabila kita mengkonsumsi secara terus menerus akan banyak mendatangkan berbagai penyakit.
d. Faktor Kegemukan (Obeisitas)
Ada istilah orang gemuk itu tidak selamanya sehat, malahan belakangan ini kegemukan menjadi momok bagi sebagian orang karena kegemukan menjadikan orang mudah sekali terserang penyakit termasuk hipertensi.
e. Faktor Pengaruh Gaya Hidup
Gaya hidup yang mana kita menganggapnya sebagai gaya hidup orang modern tidak selamanya membawa pengaruh positif. Sering orang menganggap bahwa makan makanan di restoran cepat saji (junk food) akan dianggap modern, padahal kita tahu makan makanan seperti itu tidak sehat. Pola hidup yang serba modern, juga akan membuat orang mudah stress apabila kita tidak bisa menyesuaikan dengan kondisi kita sendiri.
f. Faktor Kebiasaan Merokok dan Minum-Minuman Beralkohol
Merokok sering dianggap oleh sebagian orang sebagai gaya hidup yang perlu dilestarikan sehingga mereka enggan untuk berhenti merokok padahal mereka tahu banyak penyakit yang disebabkan karena merokok. Begitu juga dengan minuman beralkohol, mereka akan merasa bangga bila bisa menghabiskan sebotol minuman beralkohol karena merasa jantan.
g. Faktor Stress
Berhati-hatilah bagi orang yang mudah sekali mengalami stress, terutama orang yang mudah sekali marah. Jangan suka sekali menjadikan persoalan yang sebenarnya sepele menjadi persoalan yang berat karena itu akan menambah beban pikiran kita. Kecenderungan orang yang mudah stress, dia akan mudah marah karena beban masalah yang dianggapnya tidak bisa diselesaikan. Kita harus berpikir bijak bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar