Custom Search

Jumat, Mei 29, 2009

ADAS MANIS


Adas manis atau anis (Pimpinella anisum) merupakan sejenis tumbuhan berbunga dari famili Apiaceae yang berasal dari kawasan Laut Tengah bagian timur dan Asia barat daya. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan semusim berupa terna yang tingginya dapat mencapai satu meter. Daun pada bagian dasar tumbuhan ini berbentuk sederhana, panjangnya 2-5 cm, dan bercuping dangkal, sementara daun pada bagian batang yang lebih tinggi berbentuk menyirip seperti bulu dan terbagi-bagi menjadi banyak anak daun. Bunganya berwarna putih, berdiameter 3 mm, dan bergerombol banyak dalam payungan bunga. Buahnya merupakan skizokarp kering berbentuk lonjong dengan panjang 3-5 mm.

Spesies Pimpinella digunakan sebagai sumber makanan oleh larva sejumlah spesies Lepidoptera, termasuk ngengat Eupithecia centaureata dan Eupithecia absinthiata.

KEGUNAANNYA ANTARA LAIN :

Bumbu dapur

Containing liquorice-like components[1], anise is sweet and very aromatic. It is used to make the following confectioneries: Aniseed balls (Britain), Aniseed wheels (New Zealand), pizzelles (Italy), pfeffernusse (Germany), and Knotts (Norway). Aniseed is also used to make the Mexican drink "atole de anĂ­s" or champurrado which is similar to hot chocolate, the Turkish drink Raki (alcoholic beverage),the Greek Ouzo, the Italian Sambuca, the spirit absinthe, the favourite for Arabic Arak, some Root beer such as Virgil's Root Beer in the United States, and as a digestive after meals in India. It also is used to make the dough, when preparing the famous Peruvian dessert " Picarones "

Pengobatan

* Adas manis, seperti fennel, mengandung anethole, dan dikenal sebagai zat phytoestrogen.[2]
* Adas manis merupakan antiparasit ringan dan daunnya bisa digunakan untuk merawat gangguan pencernaan, meredakan sakit gigi, dan minyak esensialnya bisa digunakan untuk merawat lice and scabies.

Lain-lain

* Dalam aromaterapi, minyak esensial adas manis digunakan untuk merawat pilek dan flu.
* Menurut Pliny the Elder, adas manis digunakan untuk menyembuhkan sulit tidur, dikunyah bersama alexanders dan sedikit madu di pagi hari untuk menyegarkan nafas, dan kalau dicampur dengan anggur bisa menyembuhkan sengatan kalajengking (N.H. 20.72).
* Di daerah Mediterania, adas manis digunakan untuk membuat minuman beralkohol, misalnya Arak (Libanon), Ouzo (Yunani) and Raki di Turki.
* Di kulinari India, tak ada perbedaan istilah antara adas manis and fennel. Oleh karena itu, keduanya biasanya diberi nama yang sama (saunf). Ada yang menggunakan istilah patli saunf (saunf tipis) atau velayati saunf (saunf asing) untuk membedakan adas manis dengan fennel.
* Di Thailand, adas manis digunakan untuk memberi aroma pada teh.
* Di Pakistan, orang membuat secangkir teh panas dengan menuangi sesendok makan adas manis dengan air mendidih.
* Builders of steam locomotives in Britain incorporated capsules of aniseed oil into white metal bearings, so that the distinctive smell would give warning in case of overheating.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar