Custom Search

Sabtu, Mei 30, 2009

BUNGA LAVENDER


Indonesia memiliki kekayaan tanaman yang sangat beragam, beberapa dari tanaman yang ada memiliki berbagai kegunaan, salah satunya yaitu bunga lavender.

Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah sebuah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Tanaman ini juga menyebar di Kepulauan Kanari, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan dan Mediterania, Arabia, dan India. Karena telah ditanam dan dikembangkan di taman-taman di seluruh dunia, tumbuhan ini sering ditemukan tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.

Bunga lavender ini memiliki manfaat untuk menangkal nyamuk. Jadi sangat bermanfaat jika setiap rumah menanam ini, tentunya bisa mengusir nyamuk. Karena khasiat inilah bunga lavender sering digunakan sebagai salah satu bahan lotion antinyamuk.

Aroma bunga lavender juga mampu meningkatkan aktivitas gelombang alpha di otak dan membuat tubuh lebih rileks dan juga membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menjaga kelembaban, meremajakan lapisan kulit.

1 komentar: